Pengertian Datang Bulan Pada Wanita Serta Siklusnya

14.29

pengertian datang bulan pada wanita

Menstruasi menjadi tanda pubertas atau fase dewasa seorang gadis. Artikel ini akan membahas hingga tuntas apa itu datang bulan, mulai dari pengertian, fase dan juga penanganannya. Sebab beberapa ada yang mengalami sakit ketika datang bulan. Ada yang normal karena pengaruh hormon, tetapi ada pula yang mengindikasikan ketidak normalan.

Datang bulan atau menstruasi adalah proses luruhnya endometrium atau lapisan dinding rahim, menjadi darah haid yang keluar melalui vagina. Menstruasi terjadi karena naik turunnya hormon di dalam tubuh kita dengan siklus umumnya tiap 28 hari selama 4-7 hari.

Fase Datang Bulan

Terdapat siklus atau urutan kejadian ketika Kamu datang bulan atau menstruasi. Agar lebih paham apa itu datang bulan, mari kita simak fase yang ada dalam siklus menstruasi berikut ini.

  • Fase menstruasi, fase dimana terjadinya peluruhan endometrium dan keluar sebagai darah haid lewat organ intim.  Normalnya hal ini terjadi selama 4-7hari. Kamu akan merasakan nyeri pada bagian punggung juga perut akibat kontraksi yang terjadi pada rahim karena peluruhan lapisan rahim atau endometrium.
  • Fase folikuler, fase pematangan sel telur yang umum terjadi pada hari ke 14 dalam siklus datang bulan atau menstruasi. Fase inilah yang menentukan apakah siklus menstruasimu akan berjalan lancar atau tidak.
  • Fase ovulasi, sel telur yang telah matang berpindah ke tuba falopi dan menempel di dinding lahir. Sel telur yang matang ini siap dibuahi. Apabila tidak terjadi pembuahan maka sel telur tersebut akan mati dan luruh menjadi darah menstruasi.
  • Fase Luteal, fase dimana jika tidak terjadi kehamilan maka akan ada penebalan dinding rahim. Hal ini merupakan fase jelang menstruasi atau datang bulan.

Gejala Datang Bulan Tidak Normal dan Butuh Pemeriksaan

Setelah memahami apa itu datang bulan serta bagaimana proses terjadinya. Kamu juga perlu memahami gejala ketika ada yang tidak normal dengan siklus maupun proses datang bulanmu. Berikut ini beberapa gejala yang patut diwaspadai dan perlu diberi tindakan pemeriksaan dokter.

  • Siklus lebih lama, hingga 31-35 hari tiap bulan
  • Darah yang keluar tidak seperti darah haid yang normal bahkan ada yang berupa gumpalan
  • Berlangsung lebih dari seminggu dengan rasa nyeri yang berlebihan
  • Tidak datang bulan selama lebih dari tiga bulan meski tidak terjadi kehamilan

Apabila terjadi salah satu atau lebih gejala di atas, maka saatnya  untuk memeriksakan kesehatan reproduksimu. Sebagai langkah awal bisa kunjungi charmgirlstalk.com untuk mendapat informasi apa itu datang bulan, juga berbagai artikel kesehatan reproduksi lainnya. Di sana juga terdapat rekomendasi produk pembalut yang nyaman juga aman digunakan saat menstruasi maupun sehari-hari.

0 komentar